Belajar Menulis dari Pendidikan Pandemi COVID-19 (Seri 3 : Seminar Nasional Implementasi Pendidikan Geografi dalam Kebencanaan)

Bismillah, Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, dan sahabatnya.
Video belajar dari rumah (Home Learning)

Pada hari Kamis, tanggal 14 Mei 2020 Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta (Disingkat menjadi: Prodi. Pend. Geografi FIS UNJ) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan Seminar Nasional: "Implementasi Pendidikan Geografi dalam Kebencanaan sebagai moderator adalah Bapak Ilham Mataburu, S.Si, M.Si (Dosen Prodi. Pend. Geografi FIS UNJ).

Gambar 4.1 Flyer acara Seminar Nasional Geografi Prodi. Pend. Geografi FIS UNJ.


Berikut ini adalah hasil intisari pada "Seminar Nasional Geografi" dengan mengusung tema Implementasi Pendidikan Geografi dalam Kebencanaan yang berlangsung dari Jam 13.00 s.d 15.00 WIB.

Gambar 4.2 Sosialisasi Portal Web http://inarisk.bnpb.go.id/   dan inarisk personal aplikasi.

1. Narasumber pertama : Bapak Lilik Kurniawan, S.T., M.Si.

Deputi Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Sekilas Profil : 
Lahir di Yogyakarta tahun 1971, lulusan Sarjana Teknik Geodesi UGM dan Magister Ilmu Geografi UI. Mulai bekerja di BPPT tahun 1996 dan menjadi Peneliti Madya Bidang Mitigasi Bencana. Mulai 2009 bekerja di BNPB, kemudian menjadi Direktur Pengurangan Risiko Bencana, Direktur Pemberdayaan Masyarakat, dan saat ini menjadi Deputi Bidang Pencegahan. Beberapa buku yang telah dihasilkan: IPTEK sebagai Salah Satu Azas dalam Penanggulangan Bencana dan Indonesia diantara Berkah dan Musibah (diterbitkan Kemenristek), Indeks Rawan Bencana Indonesia 2011, Disaster Risk Assessment for Disaster Management Plan 2012, National Assessment Report on Disaster Risk Reduction 2013 dan Indeks Risiko Bencana Indonesia 2013 (diterbitkan oleh BNPB). [1]

Sumber aseli pada : https://www.indonesiax.co.id/courses/course-v1:BadanNasionalPenanggulanganBencana+BNPB102+2020/about

Judul bahan presentasi : Ilmu Geografi, Sadar Bencana & Ketahanan Bangsa

Gambar 4.3  Slide Pemaparan Ilmu Geografi, Sadar Bencana dan Ketahanan Bangsa

Point Pertama:

Indonesia sebagai negara "banyak potensi" bencana. Peran BNPB dalam mengurus resiko bencana sebagai Pusat Data (Data Center). BPNB harus menginventaris potensi bencana ke dalam 3 sentral data spesifikasi berupa:
1. Peta Kerawan Bencana (Peta Khusus Bencana Skala 1 : 10.0000 dan 1 : 5.000),
2. Peta Resiko Bencana (Kegiatan pemetaan ketangguhan bencana) dan
3. Dampak Resiko Bencana (Kegiatan dan Kajian untuk menanggulangi bencana)

Gambar 4.4 Alur Kolaborasi BNPB dalam Menjalankan Tugas dan Fungsi

Point ke-dua:
BNPB sebaga Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang mempunyai tugas membantu Presiden Republik Indonesia dalam melakukan penanggulangan bencana sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. BNPB dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2008 yang kemudian diganti dengan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2019 (sumber aseli pada: https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Nasional_Penanggulangan_Bencana ) berkolaborasi dengan Departemen dan Lembaga Penelitian untuk melaksanakan fungsi Pencegahan, Mitigasi dan Respon terhadap penanggulangan bencana alam. Silakan juga membaca Tugas dan Fungsi BNPB .

Gambar 4.5 Geografi (ilmu & pengetahuan) menjawab tantangan Data Resiko Bencana

Point ke-tiga:
BNPB membuat web sebagai pengembagan informasi dan data Resiko Bencana di Indonesia yang beralamat pada http://inarisk.bnpb.go.id/ dan aplikasi personal pada smart phone yang bernama inaRISK personal yang keduanya berguna untuk mengetahui bahaya kebencanaan di sekitar wilayah kita berada serta upaya mandiri yang mampu kita lakukan melaui pendataan secara mandiri.

Gambar 4.6 Pemaparan Literasi Bencana oleh Prof. Dr. Hj. Enok Maryani, M.S.

2. Narasumber ke-dua : Ibu Prof. Dr. Hj. Enok Maryani, M.S.

Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia pada Jurusan Pendidikan Geografi bidang ilmu/ keahlian Geografi Pariwisata.

Gambar 4.7 Pemaparan Geografi dalam Potensi Pariwisata oleh Prof. Ahman Syah

3. Narasumber ke-tiga : Bapak Prof. Dr. Sc. Ahman Syah, M.Pd., M.Sc.

Guru Besar Universitas Negeri Jakarta pada Jurusan Pendidikan Geografi

Gambar 4.8 Tampilan pada Web http://inarisk.bnpb.go.id/ sub menu COVID-19 peta citra satelite

Semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga Allah menjaga Bangsa dan Negara ini dari kelalaian, kesalahan dan dosa sehingga Bencana, Wabah dan Musibah hilang dan diangkat dari Negeri yang Kita sangat mencintainya.


Sumber Referensi:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Menulis dari Pendidikan Pandemi COVID-19 (Seri 1 : Mengenal Pandemi COVID-19)

Belajar Menulis dari Pendidikan Pandemi COVID-19 (Seri 2 : Negara Pandemi COVID-19)